Bersama PDGI Bantul “Perangi” Covid-19

Bantul - DI Yogyakarta (21/4) - Pada tanggal 25 Maret 2020 melalui pesan di grup Whatsapp, Pengurus PDGI Cabang Bantul mengajak anggota nya untuk peduli dan aktif dalam “perang” melawan Corona Virus Desease  (Covid-19) yang sungguh meresahkan seluruh penduduk bumi sejak akhir tahun 2019. Sejak diumumkan oleh WHO dan Pemerintah Indonesia sebagai pandemi global, PDGI Bantul sadar bahwa mayoritas fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia, khususnya Rumah Sakit dengan tenaga medis maupun non-medis sebagai garda depan/ujung tombak penanganan pasien masih sangat kekurangan Alat Perlindungan Diri (APD) untuk menghadapi badai corona ini. 

Dari sebanyak 144 anggota diberikan himbauan untuk menyalurkan donasi ke rekening Sie Sosial yang diketuai oleh drg. Siti Fatimah, Sp.Ort, sehingga sampai dengan 7 April 2020 sudah terkumpul jumlah yang banyak, bahkan ada beberapa sumbangan yang masuk bukan hanya dari anggota saja. Dari donasi yang terkumpul tersebut telah dibelanjakan hands gloves, masker bedah, masker N95, gown, hazmat, nurse cap, alkohol, dan hand sanitizer untuk disumbangkan ke RSUD Panembahan Senopati Bantul, RSPAU Dr. S.Hardjo Lukito, RSU PKU Muhammadiyah Bantul, RS Santa Elisabeth Bantul, dan RSKIA Ummi Khasanah, di samping itu sebagiannya telah ikut didonasikan ke rekening PB PDGI untuk bakti sosial di tingkat pusat. Dengan memperhatikan sosial distancing, maka pada tanggal 13 April 2020 penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis saja dengan perwakilan pengurus PDGI Bantul di tiap Rumah Sakit yang dituju.

Pada akhirnya melalui bakti sosial ini kami ingin mengajak semua anggota PDGI khususnya dan masyakarat pada umumnya untuk peduli bahwa dukungan moril-materiil dari semua pihak dan gotong royong bersama akan membuat tenaga medis di barisan terdepan selalu aman, selalu kuat, dan bisa cepat menyelesaikan masalah yakni memutus rantai corona di wilayahnya masing-masing. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi dan merahmati kita semua. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamin


Sumber : PDGI Cabang Bantul
Foto : PDGI Cabang Bantul


21 Apr 2020