Peringati Milad ke-33, UNIDA Bogor bersama PDGI ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Gigi

Bogor, Jawa Barat - Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) selenggarakan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Gigi bagi masyarakat di lingkungan Kampus UNIDA Bogor pada Sabtu (22/02/2020). Mengangkat tema bertajuk “Peliharalah Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini untuk Indonesia yang Kuat dan Unggul”, layanan kesehatan gigi yang diberikan diantaranya pemeriksaan, penambalan dan pencabutan gigi. Selain itu, peserta baksos juga diberi souvenir hingga makanan ringan.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari agenda Milad ke-33 UNIDA Bogor berbarengan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 PDGI. Selain mengadakan baksos, dilaksanakan juga penandatanganan naskah kerja sama antara UNIDA Bogor dengan PDGI.

Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam sambutannya menuturkan, dalam pancadarma UNIDA Bogor terdapat pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan. Hal ini sejalan dengan darmabakti PDGI untuk melaksanakan pengabdian terhadap negara. Maka moment ini merupakan hal yang tepat dalam mensyukuri nikmat ulang tahun dengan berbagi.

Alhamdulillah kita bisa berkumpul dalam kegiatan baksos ini, kolaborasi antara UNIDA Bogor dengan PDGI. Bagi UNIDA, ini merupakan implementasi pancadarma yang ketiga, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, bagi PDGI ini merupakan bentuk darmabakti yang harus dilaksanakan. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat,” tuturnya.

Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menambahkan, dari kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal ke depan untuk dapat lebih meningkatkan kerja sama antara UNIDA Bogor dengan PDGI, terlebih dalam perencanaan pembukaan Akademi Dental Hygiene di UNIDA Bogor.

“Kemudian ke depan sebagaimana telah di tandatangani kesepakatan, harapan kita tentu dari kerja sama ini dapat berlanjut lebih. Terutama sesuai dengan kebijakan kampus merdeka dari pemerintah, mudah-mudahan dari kerja sama ini kita bisa membuka program studi baru bersama-sama dengan PDGI,” tambahnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Rektor, Chancellor UNIDA Bogor Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH turut mengapresiasi pelaksanaan kegiatan bakti sosial kesehatan gigi ini. Diharapnya, kerja sama antara UNIDA Bogor dengan PDGI berlanjut untuk dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Selamat ulang tahun ke-70 PDGI, selamat melaksanakan bakti sosial, semoga tetap bisa mengabdi kepada bangsa dan negara bersama-sama dengan UNIDA. Apresiasi tinggi kami berikan kepada PDGI, dan kami menunggu langkah berikutnya untuk membangun akademi dalam rangka meningkatkan pelayanan gigi bagi masyarakat. InshaAllah,” ujarnya.

Dr. drg. Hananto Seno, Sp. BM., MM. selaku Ketua Pengurus Besar PDGI menyampaikan, bakti sosial ini bekerja sama dengan UNIDA Bogor sebagai bentuk gerakan bagi masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan gigi. Berdasarkan data, tingkat kerusakan gigi di Indonesia cukup tinggi sehingga perlu dilaksanakannya kegiatan yang dapat memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi. Menurutnya, kesehatan gigi berpengaruh besar pada kesehatan lainnya seperti stunting.

“Stunting tidak hanya masalah gizi, tapi bisa hal lainnya. Maka dari itu sesuai dengan tema, kesehatan gigi menjadi penting untuk diperhatikan. Misalnya seperti masalah gigi berlubang atau kerusakan gigi lainnya menjadi nafsu makan berkurang, susah makan. Upaya PDGI tentu dalam rangka membantu pemerintah,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor drg. Mike Kaltarina, MARS, yang turut hadir dan membuka jalannya acara mengucapkan terima kasih kepada PDGI dan UNIDA Bogor serta semua pihak karena telah mendorong dan ikut mendukung program pancakarsa Kabupaten Bogor. Di dalam pancakarsa, terdapat Karsa Sehat yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya permasalahan stunting di Kabupaten Bogor. Selain itu, drg. Mike Kaltarina, MARS, menyampaikan akan mendukung rencana pembukaan akademi dental hygiene kerja sama antara UNIDA Bogor dengan PDGI.

“Semoga Akademi Dental Hygiene ini bisa dilaksanakan, kelihatannya ini pertama kali, maka Dinas Kesehatan akan mendukung. Mudah-mudahan kita secara optimal dokter gigi itu dimanapun rumahnya, tetap mendukung kesehatan gigi yang ada di wilayah Kabupaten Bogor maupun sekitarnya. Selamat ulang tahun ke-33 juga untuk UNIDA, semoga terus berjaya, terus mengembangkan fakultas dan masyarakat Kabupaten Bogor, serta menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul,” ungkapnya.

Setelah seremoni pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sikat gigi bersama siswa-siswi PGTK Amaliah. Kemudian pemeriksaan gratis kepada sekitar 3000 orang peserta dengan 300 dokter gigi yang ikut terlibat dan 7 unit mobil pelayanan yang disediakan.

Sumber : Biro Humas dan Protokoler Universitas Djuanda Bogor
Dokumentasi : Biro Humas dan Protokoler Universitas Djuanda Bogor


24 Feb 2020