Tugasku Ibadahku di Haramain

Palu, Sulawesi Tengah (13/6) -  Saat tiba di Makkah, kami melakukan Tawaf Ifadah, salah satu Doa yang kami panjatkan agar Jamaah Haji selalu Sehat, dalam Lindungan Allah SWT dan Operasional Haji berjalan lancar, Aamiin ya Rabbal Alamiin. Alhamdulillah kami dapat Penugasan di Makkah tepatnya di KKHI Makkah, teman- teman TGC di Sektor, kami tiba seminggu sebelum Jamaah Haji Gelombang Kedua tiba di Makkah, beberapa hari sebelumnya Petugas Madinah dan Bandara sudah berangkat lebih awal untuk menyambut Jamaah Gelombang pertama di Madinah.

Suatu saat di malam hari kami akan melakukan Tawaf, dan sudah akan memasuki Area masjidil Haram, terdengar suara telfon dan menyampaikan Bapak Kedubes untuk Arab Saudi akan memeriksakan gigi, saat itu juga saya memutuskan untuk kembali dan memberanikan diri walau seorang diri padahal saat itu jalanan Kota Makkah sangat padat dan Taxi sangat sulit, Alhamdulillah bisa kembali ke KKHI Makkah melayani Beliau, dan selalu Rindu untuk melayani Duyufurrahman, Tamu- tamu Allah di Haramain. Haji adalah Arofah, Alhamdulillah berjalan lancar, dan kami kembali ke KKHI Makkah untuk Pelayanan seperti biasanya, dan Jamaah Haji Gelb pertama sudah mulai kembali ke Indonesia, dan Jamaah Haji Gelb kedua menuju Madinah.

Persiapan Armuzna(Arofah, Muzdalifah, Mina)harus betul2 kami siapkan, apalagi seminggu sebelumnya dimana semua Jamaah  sudah berkumpul di Kota Makkah. Alhamdulillah 2019 Allah memanggil kami kembali melayani Duyufurrahman di Haramain, yg membedakan tugas saya di 2017, selain sebagain Dokter Gigi, saya diamanahkan sebagai Duty Manager saat jaga di UGD, benar2 sangat Dinamis, bagaimana bisa mengatur rujukan ke RS Arab Saudi, persiapan Ambulance, pengembalian Jamaah Sehat ke Sektor dan Kloter.

Alhamdulillah juga ikut sebagai Tim Visitasi melihat perkembangan Jamaah Indonesia yang dirawat di RS Arab Saudi, dan pernah sekali Tim Evakuasi, mengantarkan Jamaah Haji yg tidak pulang bersama Kloternya. Tugasku Ibadahku selalu kami tanamkan dalam diri kami. Alhamdulillah semua bisa dijalani selain tugas utama sebagai Drg di KKHI Makkah (Selesai)

Penulis : drg  Lutfiah, MKM ( Seksi Kerjasama Antar Sektor dan Stakeholder PDGI Cab Sulawesi Tengah )
Foto : drg. Lutfiah, MKM


17 Jun 2020