PDGI Cab Karawang Ikut Memerangi Corona

Karawang, Jawa barat - Kabupaten Karawang, Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang terinfeksi Covid-19. Berdasarkan Data Pantauan Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang per tanggal 1 April 2020, terdapat 1.217 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 18 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 31 pasien positif Covid-19. 


Rekomendasi pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 adalah melalui cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir selama 20 detik, konsumsi gizi seimbang, rajin olahraga & cukup istirahat, gunakan masker bila batuk atau pilek, menghindari kontak langsung dengan hewan serta menjaga jarak aman (physical distancing) 1,5-2 meter.


Dokter gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Karawang mengambil peran dalam pencegahan infeksi Covid-19 salah satunya dengan memberikan bantuan pemasangan wastafel portabel di fasilitas umum. Saat ini sudah ada 8 titik pemasangan wastafel portabel tersebar di Karawang dan Cikampek. Dengan tersedianya wastafel portabel ini diharapkan masyarakat akan lebih mudah menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di wilayah Kabupaten Karawang.

Penulis : drg Honesto Faeda (Ketua PDGI Cab Karawang)
Foto : PDGI Cab Karawang


02 Apr 2020