Aksi Damai Kembali Digelar, PDGI Tegaskan Tolak RUU Kesehatan

Koordinator Lapangan Aksi dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), drg Eka Erwansyah mengatakan PDGI terpaksa kembali turun dalam aksi damai karena pemerintah tidak memberikan respon memadai pada tuntutan dokter dan tenaga kesehatan. “Ini merupakan wujud kepedulian PDGi terhadap ancaman RUU Kesehatan yang mengancam kepentingan masyarakat dan keselamatan tenaga kesehatan” demikian ujarnya.

 

Aksi damai berlangsung di depan gedung DRI-RI, dari spanduk serta orasi yang disampaikan beberapa hal yang menjadi keberatan antara lain: rencana pendidikan spesialis tidak berbasis perguruan tinggi, liberalisasi dan kapitalisasi kesehatan, kebebasan bagi tenaga asing, serta penghilangan peran organisasi profesi.

 

Sementara itu drg. Paulus Januar Satyawan, dari Biro Hukum PDGI mengatakan aksi pertama maupun yang kedua dilakukan karena keprihatinan terhadap hari depan kesehatan Indonesia dan sama sekali bukan karena kepentingan eksistensi organisasi profesi kesehatan. Menurut Paulus, keresahan terhadap hari depan kesehatan sebagai dampak dari RUU Kesehatan setelah kelak menjadi undang-undang ketika disampaikan melalui dialog ternyata tidak mendapatkan kesempatan yang substansial, sehingga dengan sangat terpaksa diadakan aksi damai jilid 2.

 

 PDGI menolak RUU Kesehatan karena memandang perlu terlebih dahulu dipersiapkan konsepsi yang lebih matang dengan melibatkan para stakeholder dalam perumusannya. Perlu dipertimbangkan dengan seksama berbagai esensi permasalahan dan aspirasi masyarakat maupun dari kalangan profesi kesehatan dalam rangka memajukan pembangunan kesehatan Indonesia.


05 Jun 2023