PDGI Selenggarakan IDEC 2023

Ada yang berbeda dalam Indonesia Dental Exhibition and Conference (IDEC) yang diselenggarakan 15-17 September 2023 di Jakarta Convention Center yaitu makin banyaknya perusahaan dalam negeri turut serta dalam kegiatan ini.

Ada 20 perusahaan dalam negeri yang ikut dalam IDEC 2023 dari total 114 stan yang berasal dari 14 negara. Dengan jumlah ini, pada penyelenggaraan ke tiga kalinya, IDEC berekspansi 30% lebih besar dengan 65 perusahaan baru. Sambutan dokter gigi sangat meriah untk kegiatan ini, di hari pertama saja kunjungan mencapai 2500 orang lebih. 

IDEC 2023 seharusnya menjadi acara rutin dua tahunan, tetapi karena adanya Pandemi Covid-19 terpaksa terhenti selama 4 tahun. Acara ini diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) berkolaborasi dengan Koelnmesse Pte.Ltd dan PT Traya Eksibisi Internasional. Selain pameran, dalam IDEC 2023 juga ditampilkan 26 Seminar dan Hands-on dengan total 29 pembicara baik nasional maupun dari luar negeri.

Diono Susilo, drg., MPH. selaku Ketua Panitia IDEC 2023 dalam sambutannya mengatakan salah satu fokus utama dari IDEC adalah dapat memperkenalkan teknologi terbarukan dalam kedokteran gigi yang sehingga dapat menunjang perawatan menjadi lebih baik. “Kami berharap Ilmu Kedokteran Gigi dapat meningkat dengan adanya acara ini supaya teknologi yang ada Indonesia tidak tertinggal” ujarnya.

Sementara itu Ketua PB PDGI Usman Soemantri, drg., MSc. mengharapkan acara ini dapat menjadi ajang unjuk gigi produk lokal serta transfer knowledge bagi produk lokal dikarenakan masih bergantungnya alat dan bahan kedokteran gigi di Indonesia kepada produk luar negeri. Beliau mengatakan “Sayangnya meningkatnya teknologi tidak didukung oleh majunya produksi lokal, 70 % industri farmasi alat kesehatan di Indonesia masih ketergantungan pada produk impor”.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan yang membuka secara resmi IDEC 2023, dalam sambutannya juga mendukung acara IDEC 2023 sebagai momentum strategis untuk mewujudkan kemandirian farmasi dan alat kesehatan di Indonesia. Acara ini diharapkan menjadi salah satu pintu dari peningkatan kualitas dokter gigi di Indonesia dengan dapat menyediakan teknologi kedokteran gigi terbarukan.
http://www.dentamedia.id/2023/09/produk-dalam-negeri-makin-banyak-di-idec.html


16 Sep 2023