Rakorwil Kalimantan Barat Tahun 2020

Pontianak, Kalimantan Barat - Rakorwil Kalbar rutin dilaksanakan setiap awal tahun yang diselenggarakan oleh PDGI Pengurus Wilayah Kalimantan Barat. Tahun ini Rakorwil Kalbar telah dilaksanakan untuk yang ke-3 kalinya dimulai sejak tahun 2018 di Pontianak, tahun 2019 di Kabupaten Ketapang, dan Tahun 2020 di Pontianak. Peserta Rakorwil adalah perwakilan pengurus cabang PDGI dari 4 cabang PDGI yang ada di Kalimantan Barat. Kegiatan ini mendapat nilai SKP dari PB PDGI.


Di Kalimantan Barat terdapat 4 PDGI Cabang yang aktif yaitu PDGI Cabang Pontianak dengan 178 anggota, PDGI Cabang Singbebas terdiri dari 44 anggota, PDGI Cabang Ketapang dengan 25 anggota, PDGI Cabang Kapuas Raya dengan 28 anggota. Total terdapat 275 orang dokter gigi yang berada di Kalimantan Barat.


Rakorwil Kalimantan Barat tahun 2020 ini mengusung tema “Bonding in Harmony Facing Digital Era 4.0”. Sesuai denga tema, acara rakorwil yang diadakan tiap tahun ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekompakan antar cabang agar sehingga tercipta kerjasama yang semakin baik antara pengurus cabang dan pengurus wilayah hingga terbentuk kegiatan PDGI yang bermanfaat dan saling mendukung. Dalam rakorwil kali ini Pengwil Kalbar secara khusus mendatangkan narasumber dari PB PDGI yang menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi PB PDGI yaitu drg. Freddy Ferdiansyah Wahyudiono yang membawakan materi tentang “ E Sertifikasi” . Diharapkan teman sejawat dokter gigi di Kalimantan Barat siap menghadapi era digitalisasi dimulai dari mengurus perpanjangan STR dan Serkom secara online.

 
Acara yang diadakan di setiap rakorwil meliputi paparan rencana kerja masing-masing PDGI Cabang. Kemudian dilakukan sinkronisasi waktu pelaksanaan kegiatan tiap cabang, agar tidak berbenturan waktunya. Dengan begitu maka setiap cabang dapat saling mendukung kegiatan cabang yang lainnya.


Yang menarik dari kegiatan rakorwil Kalbar adalah adanya PENGCAB AWARD dan REWARD dari Pengwil kepada cabang-cabang yang secara tidak langsung merupakan pengembalian iuran anggota yang disetorkan secara rutin dari pengcab kepada pengwil. Tahun 2018 pengwil kalbar memberikan REWARD berupa laptop kepada 4 cabang, tahun 2019 berupa printer, dan tahun  2020 ini berupa Portable Sound System. Untuk Pengcab Award, tahun  2019 PDGI Cabang Ketapang yang mendapatkan penghargaan tersebut. Tahun 2020 ini Pengcab Award dimenangkan oleh PDGI Cabang Singbebas. Adapun kriteria pemenang Pengcab Award adalah :

  1. Pengiriman laporan kegiatan tepat waktu 9setelah kegiatan langsung diinput ke dalam E P3KGB.
  2. Pembayaran iuran cabang tepat waktu dan paling cepat
  3. Program kerja sesuai dengan rencana kerja
  4. Melaksanakan pembinaan di sekolah yang sama (SD Binaan) setiap tahun.

 

Demikianlah sekilas tentang kegiatan Rakorwil Kalbar tahun 2020 ini. Semoga dapat menginspirasi PDGI Pengwil lainnya yang ada di Indonesia. Majulah dan Jayalah selalu PDGI.

 


Sumber : Pengwil Kalimantan Barat

Foto : Pengwil Kalimantan Barat


22 Feb 2020