Aksi Nyata PDGI Cabang Jayapura Bagi Masyarakat Kota Jayapura Dalam Menghadapi Pandemi Corona

Jayapura - Papua (3/5) - Mewabahnya virus Covid19 (2019-nCov) atau yang lazim disebut virus Corona menyebabkan masyarakat harus merubah gaya hidup dan lebih menekankan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat bepergian keluar rumah, Social dan Physical Distancing menjadi perilaku dan kewajiban baru bagi masyarakat. Dengan adanya instruksi pemerintah tentang penggunaan masker kain atau masker non bedah bagi seluruh masyarakat, membuat masker menjadi komoditi yang sulit dicari. 

Menyadari akan hal ini, PDGI Cabang Jayapura berinisiatif untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu dan yang mata pencahariannya mengharuskannya berinteraksi dengan orang lain. 

Pada tanggal 23 April 2020 PDGI Jayapura melakukan aksi sosial membagikan ratusan masker kain non bedah bagi para tukang ojek, supir angkutan umum dan mama-mama penjual pinang yang ada di Kota Jayapura. Pembagian masker ini tentunya dengan tetap melakukan anjuran Pemerintah yaitu Social & Physical Distancing sehingga hanya dilakukan oleh perwakilan beberapa orang Pengurus Cabang saja.

Selain pembagian masker, juga dilakukan sosialisasi mengenai virus Corona dan bahayanya, cara-cara penyebarannya dan cara-cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Diharapkan dengan kegiatan pembagian masker dan sosialisasi tersebut, masyarakat yang kesulitan mendapatkan masker dengan harga terjangkau bisa tetap menggunakan masker untuk menghindari penyebaran virus Corona dan semakin proaktif dalam memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Penulis : drg Bayu Putro Mintomarwan
Foto : PDGI Cabang Jayapura - Papua


03 May 2020