PDGI Cabang Banjarmasin PEDULI COVID-19: Penyaluran APD & Minuman Suplemen kepada Nakes di Puskesmas dan RS Kota Banjarmasin

Banjarmasin, Kalimantan Selatan (30/4) - Tenaga medis merupakan garda terdepan penyedia layanan kesehatan yang dihadapkan pada keterbatasan suplai Alat Pelindung Diri (APD) di era pandemik saat ini. Hal tersebut meningkatkan risiko terjadinya infeksi di kalangan petugas kesehatan selama memberikan prosedur pencegahan maupun penanggulan penyakit. PDGI Cabang Banjarmasin menginisiasi pelaksanaan kegiatan sosial dengan tema PEDULI COVID-19 sebagai bentuk kepedulian terhadap kesigapan tenaga kesehatan dalam menangani kondisi pandemi yang melanda Indonesia, tidak terkecuali di kota Banjarmasin. Kegiatan ini meliputi penggalangan dana dan penyaluran APD serta minuman suplemen kepada tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas dan rumah sakit kota Banjarmasin.

Sumber dana kegiatan ini berasal dari donasi sukarela anggota PDGI Cabang Banjarmasin dan penyaluran donasi dari kegiatan penggalangan dana “Seruan Kemanusiaan Melawan Covid-19” BEM FKG Universitas Lambung Mangkurat yang dikumpulkan sejak tanggal 25 April sampai dengan 28 April 2020. Dana yang terkumpul sejumlah Rp 15.880.000,00 digunakan untuk membeli 150 unit APD dan 28 karton susu suplemen kesehatan. APD dan minuman suplemen tersebut disalurkan kepada dua puluh enam (26) puskesmas dan dua (2) rumah sakit yang beroperasi di wilayah Kota Banjarmasin.

Penyaluran APD dan minuman suplemen dilaksanakan oleh pengurus PDGI Cabang Banjarmasin pada tanggal 29 April 2020. Pengurus PDGI terbagi menjadi empat tim yang bertugas menyalurkan donasi untuk rumah sakit dan puskesmas di tiap kecamatan. Tim pertama terdiri dari drg. Ellyati Kusumo (Ketua PDGI Cabang Banjarmasin) dan drg. Roy Kurniadi yang menyalurkan donasi ke Rumah Sakit Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin. Tim kedua terdiri dari drg. Irmah Setya Wati dan drg. Selviana Rizky Pramitha yang menyalurkan donasi ke puskesmas di Kecamatan Banjarmasin Timur (Puskesmas Cempaka Putih, Puskesmas 9 Nopember, Puskesmas Pekapuran Raya, Puskesmas Karang Mekar, Puskesmas Sungai Bilu dan Puskesmas Terminal) dan puskesmas di Kecamatan Banjarmasin Utara (Puskesmas Sungai Jingah, Puskesmas Kayu Tangi, Puskesmas Alalak Tengah, dan Puskesmas Alalak Selatan). Tim ketiga terdiri dari drg. Bayu Indra Sukmana, M.Kes (Sekretaris PDGI Cabang Banjarmasin) dan drg. Kumala Dian Sari yang bertugas menyalurkan donasi ke RSGM Gusti Hasan Aman Provinsi Kalimantan Selatan dan puskesmas di Kecamatan Banjarmasin Barat (Puskesmas Kuin Raya, Puskesmas Pelambuan, Puskesmas Banjarmasin Indah, Puskesmas Basirih Baru, dan Puskesmas Teluk Tiram). Tim terakhir terdiri dari drg. Derti Elevi Sabrina, drg. Widamayanti Cahyani dan drg. Achmad Riwandi yang menyalurkan donasi ke puskesmas di Kecamatan Banjarmasin Selatan (Puskesmas Pekauman, Puskesmas Kelayan Timur, Puskesmas Pemurus Baru, Puskesmas Pemurus Dalam, dan Puskesmas Beruntung Jaya) dan puskesmas di Kecamatan Banjarmasin Tengah (Puskesmas Cempaka, Puskesmas S. Parman, Puskesmas Sungai Mesa, Puskesmas Teluk Dalam, dan Puskesmas Gadang Hanyar). Seluruh perwakilan puskesmas mengutarakan rasa terimakasih atas donasi yang diberikan.

PDGI Cabang Banjarmasin mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya atas antusiasme anggota PDGI Cabang Banjarmasin dan para donatur “Seruan Kemanusiaan Melawan Covid-19” BEM FKG Universitas Lambung Mangkurat yang telah ikut berdonasi dengan ikhlas pada kegiatan ini. Semoga kebaikan seluruh donatur dibalas dengan kebaikan yang berlimpah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kita semua tentunya berharap agar wabah ini dapat segera berlalu, oleh karena itu semoga kita tetap disiplin untuk tinggal di rumah jika tidak ada keperluan mendesak dan mencegah penyebaran Covid-19 saat harus beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, dan menerapkan social distancing di tengah publik.

Penulis : Drg. Bayu Indra Sukmana, MKes (Sekretaris PDGI Cabang Banjarmasin)
Foto : PDGI Cabang Banjarmasin


30 Apr 2020