PDGI Cabang Kab. Semarang Peduli Lansia Saat Pandemi Covid-19

Kab. Semarang, Jawa Tengah (27/4) - Pada tahun 2020, Sie Sosial PDGI Cabang Kab. Semarang mempunyai agenda kerja yaitu kunjungan ke Panti atau Wisma Lansia yang belum terealisasi. Sehubungan dengan adanya Pandemi Virus Covid 19 Sie Sosial tergerak untuk melakukan donasi berupa masker, suplemen vitamin, makanan dan minuman bergizi kepada kaum Lansia yang  termasuk dalam kelompok yang  rentan tertular virus Covid 19. Dari hasil survey data ke Dinas Sosial kab semarang, diputuskan untuk melakukan kunjungan sekaligus donasi ke Wisma Lansia Yayasan Raden Rahmat (Pitutur luhur) di desa Gedong. Kec. Banyubiru. Dari data, di dalam Wisma tersebut ada 35 orang Lansia.

Pengumpulan donasi dimulai tanggal 18 April 2020 via grup whatsapp yang diumumkan oleh ketua PDGI Cabang Kab. Semarang, drg. Ameilia Vidyaninggar, MM. Donasi bersifat tidak wajib atau sukarela dan bisa berupa uang tunai ataupun masker, suplemen vitamin, makanan dan minuman bergizi. Batas pengumpulan donasi sampai tanggal 22 April 2020. Hasil donasi yang terkumpul adalah uang tunai total sebesar 3.820.000,- Susu Bearbrand 65 Kaleng, masker 40 buah, Kurma 10kg dan minuman instan wedang uwuh 40 sachet. Uang Tunai yang terkumpul oleh Sie Sosial kemudian dibelanjakan Suplemen Multivitaim dan Vitamin E, Biskuit bergizi dan kekurangan susu untuk melengkapi  paket donasi per lansia. Kelebihan donasi dibelikan sabun cuci tangan 8 pouch ditambah sikat dan pasta gigi untuk di Wisma Lansia.

Kegiatan kunjungan ke Wisma Lansia dilaksanakan pada hari Jumat pagi tanggal 24 April 2020  tepat hari pertama Bulan Ramadhan. Tim yang berangkat adalah Ketua PDGI Cabang dan Sie Sosial. Setelah melalui perjalanan yang jauh dan medan yang sulit akhirnya sampai di tempat tujuan disambut oleh ketua Yayasan dan dilakukan ceremonial penyerahan donasi dari PDGI Cabang Kab. Semarang di luar gedung untuk mematuhi sosial distancing. Donasi ini mungkin tidak seberapa nilainya, tetapi dengan mengadakan kegiatan kunjungan dan donasi ke para Lansia di Wisma Lansia Yayasan Raden Pitutur, PDGI Cabang Kab.  Semarang berharap para Lansia selalu sehat dan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari virus Covid 19. 

 

Sumber  : PDGI Cabang Kab Semarang
Foto : PDGI Cabang Kab Semarang


27 Apr 2020