PDGI Cabang Pekalongan Peduli

Pekalongan - Jawa Tengah - Sejak pemerintah menyatakan Covid 19 sebagai Pandemi, kami Pengurus PDGI cabang Pekalongan langsung mengeluarkan surat edaran No. 44/PDGI cab PKLNG/III/2020 tentang rekomendasi terkait wabah Pandemi. Kami memberikan daftar tatalaksana ruang praktek dan protokol pasien selama pandemi. Di hari kedua , keluar surat edaran resmi dari PB PDGI No. 2776/PB PDGI/III-3/2020 mengenai Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi selama Pandemi Virus Covid – 19.

Berkaitan hal tersebut, kami mulai mempersiapkan APD anggota kami, disitulah kami mengetahui bahwa APD sangat susah dicari. Kalaupun ada, harganya sudah tidak wajar, sangat mahal. Tercetuslah dari komen ketua kordinator Pengabdian Masyarakat :drg Arif Firdaus, untuk mendahulukan sedekah saat ada wabah, harapan nya kebutuhan kami tentang APD dan kesehatan serta keselamatan kami dapat di kabulkan Gusti Allah.

Bersamaan dengan mencari APD tersebut, kami mulai membuka donasi untuk RSUD yang menjadi rujukan Covid-19. Bersyukur banyak dental suplier yang membantu kami dengan harga terjangkau. Sampai pada tanggal 4 April 2020 terkumpullah semuanya dan kami bagikan kepada 4 RSUD, yaitu RSUD Batang–kab Batang, RSUD Bendan-Kota Pekalongan, RSUD Kraton dan RSUD Kajen–Kab. Pekalongan. 

Harapan kami, bantuan ini membuat mereka tidak merasa sendiri dalam penanganan wabah ini.Dan wabah akan segera berakhir. Bantuan yang diberikan tidaklah seberapa, terdiri dari baju operasi disposible 40 buah , sarung tangan 50 boks dan paket desinfektan. Semoga langkah ini juga bisa menginspirasi kita semua untuk berjuang dengan cara sendiri demi berakhirnya wabah ini.

 

Penulis : PDGI Cabang Pekalongan
Foto : PDGI Cabang Pekalongan


20 Apr 2020